Berpacu Dalam Melodi, Dulu dan Kini

Kalau anak-anak generasi gue pasti inget iklan Ciptadent yang modelnya Opa-Opa dengan rambut a’la 80an 90an yang senyumnya maut banget itu? Yap! Dialah Om Koes Hendratmo. Kalau yang gak tahu atau lupa, coba googling aja deh ya. Kalian kan sudah gedeee~

 

Nah, Om Koes ini paling ngehits dengan acara “Berpacu Dalam Melodi” di TVRI. Itu loh, acara kuis tebak lagu yang biasanya tayang malem-malem itu. Kalau gak salah sih acara ini mulainya di tahun 80an akhir (hasil googling tentunya).

 

Yang bikin acara ini menjadi spesial adalah bagaimana “Berpacu Dalam Melodi” bisa jadi salah satu acara paling mengena di tiga generasi. Generasi kakek gue, ayah gue, dan gue. Yang patut diacungi jempol juga adalah acara ini tuh masih bisa terus diremake. Dan ketika tulisan ini dibuat, gue sambil dengerin acaranya di TVRI yang masih dipandu Mas Koes dan diiringi musik dari Om Ireng Maulana, yang juga bagian dari band pengiring di tahun-tahun awal “Berpacu Dalam Melodi” tayang.

 

Yang menjadi sebuah perenungan dari acara di atas adalah bahwa acara TV sekarang gak bisa kayak “Berpacu Dalam Melodi” ya? Dalam artian gak pernah ada yang begitu “ngena” untuk semua generasi. Kalaupun ada, mungkin ya OVJ, tapi kalau misalnya nanti diremake 10 atau 20 tahun lagi masih cukup mengena atau enggak.

 

Yang pasti, kalau nonton “Berpacu Dalam Melodi” ini, gue merasa balik ke TV cembung hitam putih. Hahahaha.

 

13 Juli 2013.

Semacam bertemu mesin waktu.

Leave a Reply

